Event

Inilah Karya Seniman Muda UNJ Bertajuk 'Animal Instinct', Penasaran?

Editor : Ferro Maulana |Rabu , 09 Januari 2013 - 03:29:03 WIB | Dibaca : 741 Kali |

Salah Satu Karya Seniman Muda UNJ di Galeri Cipta III, Taman Ismail Marzuki, Jakarta | Arie Septianie/ IRNews

@IRNewscom | Jakarta: SETIAP makhluk hidup pasti mempunyai naluri, baik manusia, hewan, dan tumbuhan. Kadar naluri dari setiap makhluk pasti mempunyai keistimewaannya masing-masing.  Latar belakang tersebut, dijadikan tema dalam pameran karya seni bertajuk 'Animal Instinct', yang bertempat di Galeri Cipta III, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Pameran ini diadakan oleh Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Ada 10 Seniman muda yang berpartisipasi dengan dan menampilkan 17 karya.

Salah satu Seniman muda yang karyanya dipamerkan bernama Dhigel. Ia mengungkapkan bahwa pameran ini bertujuan untuk bereksistensi di dunia seni. " Untuk mengenalkan ke publik seni bahwa inilah karya kita sebagai Mahasiswa UNJ, dan dipersiapkan selama satu tahun" ujarnya, ketika ditemui di Galeri Cipta III, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Selasa (8/1).

Seniman muda di sini mencoba memperlihatkan karya seni rupa mereka, seperti seni lukis, sablon, komik, Compact Disk (CD), video art, instalasi, seni grafis murni dan performance art.

Mereka pun diberikan kebebasan dalam mengekspresikan karyanya. " Melalui tema ini, kita mau menarik kesimpulan mengenai hubungan manusia dan hewan, serta refleksinya terhadap perilaku manusia," tambah Dhigel.

Salah satu hasil karya di pameran ini berjudul 'Hujan di Kampung Semut'. Dhigel berusaha merefleksikan nilai perilaku semut yang bergotong royong, yang sudah jarang ditemukan di masyarakat. Karya ini termasuk ke dalam seni grafis cungkil kayu.

Selain itu, juga terdapat lukisan karya Haryo berjudul 'The P.O.P'. Lukisan ini memakai hewan Unta sebagai imajinasinya dengan eksplorasi yang bertekstur.

Masih banyak karya seni lainnya dari seniman muda di sini. Anda yang belum sempat datang, jangan khawatir. Karena pameran "Animal Instinct" ini berlangsung dari 5 hingga 13 Januari dari pukul 10 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB. Pameran terbuka untuk umum dan pengunjung yang hadir tidak dikenakan biaya (alias gratis). [*]



BERITA LAINNYA :