Hukum & Kriminal

Ini Himbauan Polda Metro untuk Cegah Pencurian Kartu Kredit

Editor : Muslim Ambari |Kamis , 30 Mei 2013 - 17:55:32 WIB | Dibaca : 502 Kali |

ilustrasi | Foto : ist

@IRNewscom | Jakarta : UNTUK menghindari pencurian data kartu kredit yang akhir-akhir ini marak terjadi, pihak kepolisian menghimbau  warga masyarakat pemilik kartu kredit atau debit agar berhati-hati saat melakukan transaksi.

"Dalam bertransaksi pembelian barang masyarakat yang menggunakan kartu kredit hindari penggesekan kartu lebih dari satu kali, atau selain dari digesek di EDC (Elektronik Data Capture) milik bank resmi," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Kamis (30/05).

Selain itu kata Rikwanto, pengguna kartu kredit atau debit yang masa berlakunya sudah habis jangan dibuang sembarangan, melainkan harus dimusnahkan dengan cara dipotong atau dibakar.

Sedangkan bagi pemilik Merchant atau toko yang menggunakan mesin EDC, Rikwanto menghimbau para pekerjanya memastikan masa berlaku dan keaslian kartu yang digunakan konsumen, serta memastikan nomor kartu yang tertera pada sales draft sesuai dengan nomor kartu yang tertera pada fisik kartu.

"Dan juga hindari penggesekan kartu diluar pada mesin EDC milik bank yang telah diotoritasi. Meneliti tanda tangan pemegang kartu diatas self draft dibandingkan dengan nomor kartu yang tertera pada fisik kartu. Serta waspadai terhadap konsumen yang mengeluarkan kartu dalam jumlah yang tidak wajar," jelas Rikwanto.

sebelumnya diberitakan terkait pencurian data kartu kredit yang melibatkan empat orang tersangka, saat ini sudah diamankan di Polda Metro Jaya. Dan keeempat tersangka yang sudah beraksi sejak tahun 2009 lalu telah merugikan perbangkan sekitar Rp4 miliar. [mrl-6]



BERITA LAINNYA :