Internasional

KBRI Praha Gelar Upacara Bendera HUT RI ke-68

Editor : Irman Robiawan |Senin , 19 Agustus 2013 - 08:12:50 WIB | Dibaca : 386 Kali |

Upacara bendera dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-68 yang digelar oleh KBRI Ceko di Praha. Upacara ini dipimpin oleh Dubes RI untuk Republik Ceko Emeria W. A. Siregar | Ist

@IRNewscom | Praha: KEDUTAAN Besar RI (KBRI) di Praha, Ceko pada Sabtu (18/08), merayakan HUT Proklamasi ke-68 dengan menggelar upacara bendera yang diikuti 100 peserta. Acara yang diikuti Diaspora Indonesia, pelajar, tenaga kerja Indonesia, pecita budaya Indonesia, dan staf serta keluarga di lingkungan KBRI berlansung hikmad.

Menurut A. Guntur Setyawan, Counsellor Pensosbud KBRI Praha dalam siaran persnya yang diterima IRNewscom, Minggu (18/8), Dubes RI untuk Republik Ceko Emeria W. A. Siregar dalam pidatonya mengulangi pesan Proklamator Kemerdekaan RI, Presiden Soekarno: “Merebut Kemerdekaan itu berat, namun lebih berat lagi untuk mengisi kemerdekaan tersebut” dan mengharapkan masyarakat Indonesia yang berada di Republik Ceko, meskipun tinggal dan berkarya ribuan kilometer dari tanah air untuk tetap berpartisipasi aktif mengisi kemerdekaan Indonesia.

Dalam rangkaian upacara tersebut, Duta Besar RI Praha atas nama Presiden RI menganugerahkan penghargaan Satya Lancana Karya Satya kepada A. Guntur Setyawan dan Widodo Adi Nugroho atas pengabdian sebagai Pegawai Negeri Sipil secara terus menerus selama 20 tahun.

Diujung rangkaian Upacara Bendera HUT RI ke-68, anak-anak Indonesia yang tinggal di Republik Ceko dengan penuh semangat menyanyikan lagu-lagu perjuangan: Berkibarlah Benderaku, Tujuh Belas Agustus, Garuda Pancasila, dan Tanah Airku.

Para peserta upacara lainnya secara spontanitas dan serempak turut melantunkan bait demi bait lagu-lagu perjuangan tersebut dan tidak sedikit dari mereka menyanyi sambil meneteskan air mata penuh haru. “Rasanya sudah lama sekali kami tidak menyanyikan lagu-lagu tersebut” demikian komentar Sunarsih, asal Jawa Timur yang sudah tinggal sekira 10 tahun di Republik Ceko.

Sofyan, warga Jakarta yang sedang melancong ke Praha tampak hadir untuk merasakan pengalaman luar biasa mengikuti upacara bendera di luar negeri.  “Tidak terasa air mata saya menetes ketika menyaksikan Merah Putih DIkibarkan di bumi Ceko.”

Dalam acara ramah tamah, Emeria Siregar memberikan potongan nasi tumpeng HUT Kemerdekaan RI ke-68 kepada para sesepuh, generasi pertama masyarakat Indonesia yang telah menetap di Republik Ceko selama lebih dari 50 tahun, disaksikan oleh anak cucu mereka yang turut hadir memeriahkan peringatan kemerdekaan Indonesia di Republik Ceko.

Meskipun sebagaian besar dari mereka telah beralih menjadi WN Ceko, namun jiwa patriotik dan rasa nasionalisme serta kecintaan mereka terhadap tanah air Indonesia terasa bangkit kembali. [hmp-8]



BERITA LAINNYA :