Kesehatan

Asap Rokok Pada Ibu Hamil, Picu Alergi Pada Janin

Editor : |Selasa , 19 Maret 2013 - 14:43:17 WIB | Dibaca : 939 Kali |

Dr Zakiudin Munasir Sp. A(K), Kepala Divisi dan Konsultan Alley-Immunology Departemen Anak RSCM I Foto: Dwi/IRNews

@IRNewscom I Jakarta: LINGKUNGAN yang steril bagi ibu hamil sangat diperlukan agar tidak mempengaruhi pertumbuhan janin yang dikandungnya, namun sayangnya banyak ibu hamil yang tidak merokok tapi terkena dampaknya akibat sering terpapar oleh asap rokok dari sekitarnya.

Perempuan hamil yang terpapar asap rokok baik dari rekan kerja, lingkungan atau anggota keluarganya bisa menimbulkan risiko tertentu, yang tanpa disadari berpengaruh terhadap kehamilan, Senyawa kimia yang terdapat di dalam rokok bisa masuk ke dalam tubuh ibu hamil dan meracuni janin yang dikandungnya.

Dr Zakiudin Munasir Sp. A(K),  Kepala Divisi dan Konsultan Alley-Immunology Departemen Anak RSCM, mengatakan jika terkena paparan asap rokok akan memacu meningkatnya sensitivitas alergi, hal ini dikarenakan senyawa kimia asap rokok akan merusak barrier plasenta sehingga perlindungan bayi ketika berada dalam kandungan tergangu.

Selain lanjutnya, asap rokok juga dapat merusak paru-paru bayi yang ada dikandungan, hal ini berdampak bayi memiliki resiko terkena alergi asma ketika lahir.

"Asap rokok juga dapat mengangu sitokalasin sehingga merang zat-zat alergi yang bisa memacu timbulnya alergi pada bayi," jelasnya dalam acara yang diselenggarakan oleh Nestle Nutrition Institute dengan tema "Pencegahan Alergi Primer & Dampak Ekonomi", di Jakarta, Selasa (19/3)

Karena berbahayanya asap rokok bagi kesehatan janin, ia menghimbau kepada para ibu hamil untuk sedapat mungkin manghindari lingkungan yang kurang sehat bagi pertumbuhan janin, terutama area publik yang banyak terdapat radikal bebas khususnya asap rokok.[dip-14]



BERITA LAINNYA :