Multi Event

Seleksi SEA Games 2013 Masih Terkendala Jumlah Atlet

Editor : Muslim Ambari |Kamis , 04 Oktober 2012 - 15:09:24 WIB | Dibaca : 653 Kali |

Hadi Wihardja | satlakprima.com

@IRNewscom | Jakarta: SATUAN Pelaksana Program Indonesia Emas atau Satlak Prima masih menunggu nama-nama atlet yang akan mengikuti seleksi SEA Games 2013. Beberapa PB masih belum merilis nama-nama tetap atlet yang akan mengikuti seleksi dalam persiapan menuju SEA Games Myanmar.

Sudah ada 1.206 nama atlet yang diusulkan untuk diikutkan dalam seleksi Indonesia untuk SEA Games 2013 di Myanmar. Namun kemungkinan besar jumlah tersebut akan mengalami penuyusutan.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Olahraga Terukur Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), Hadi Wihardja, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (03/10).

Menurut dia, seleksi atlet akan diserahkan kepada Dewan Prima. Diharapkan ada keputusan secepatnya sebelum ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Kami harap sebelum 10 Oktober prosesnya bisa selesai dan SK sudah keluar. Sehingga, para atlet sudah bisa melakukan training centre atau pemusatan latihan," ujar Hadi.

Cabang olahraga yang belum mengirimkan nama itu antara lain adalah balap sepeda, Muaythai, dan tenis meja. Selain Muaythai yang belum dapat pengakuan resmi dari KONI, dua cabang lainnya belum menyerahkan nama atlet karena terkait konflik di dalam kepengurusan.

"Kami hargai tenis meja yang ada dua kepengurusan. Begitu juga dengan ISSI yang 15 pengurusnya keluar," terangnya.

Meski SK baru bisa dikeluarkan 10 Oktober, Hadi menjamin cabang yang sudah melakukan training center sebelum SK keluar tetap ditanggung. Sebab, SK berlaku efektif sejak 1 Oktober. Cabang olahraga yang sudah TC itu seperti dayung, kemudian menyusul renang.

Sementara itu Kemenpora sendiri memiliki alasan belum mengeluarkan Surat Keterangan (SK) untuk pelatnas SEA Games 2013 di bawah Satlak Prima. Hal itu dikarenakan memang Satlak Prima sendiri masih belum merilis nama-nama atletnya

"Kemarin dewan dan Satlak Prima telah rapat. Intinya kenapa SK sampai saat ini belum keluar karena kami masih menunggu seleksi atlet," ujar Deputi Bidang Pembinaan dan Prestasi Kemenpora, Djoko Pekik.

Saat ini Satlak Prima sudah mengantongi 1.206 atlet dari 38 sub cabang olahraga dan 32 cabor. Jumlah tersebut dianggap terlalu banyak. Untuk itu, Kemenpora meminta untuk lebih seleksi memilih atlet dan cabor yang memiliki peluang medali emas di SEA Games 2013.

"Kami meminta untuk menyeleksi atlet dan cabor sesuai prospek dan potensi yang sudah pasti dipertandingkan. Setelah proses seleksi, kami akan segera mengeluarkan SK-nya," sambungnya.

Indonesia pada SEA Games tahun lalu di Palembang menurunkan 1.059 atlet dan mengikuti 44 cabang olahraga. [sat-6]



BERITA LAINNYA :