Nasional

Dampak Kenaikan BBM, Pemerintah Siapkan Tiga Kompensasi

Editor : |Rabu , 24 April 2013 - 21:55:45 WIB | Dibaca : 1108 Kali |

Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono

@IRNewscom I Jakarta: MENTERI Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono mengatakan, pemerintah menyiapkan tiga program bagi rakyat miskin. Program ini  sebagai kompensasi dari rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Agung Laksono mengatakan di Jakarta, Rabu (24/04), usai kembali dari Bandung dalam rangka mengunjungi gudang-gudang Bulog yang ada di bawah pengelolaan Divisi Regional (Divre) Jawa Barat dan Divre DKI Jakarta.

Dia menjelaskan, pemerintah mengkhawatirkan ada dampak inflasi yang mengena pada rakyat kecil sebagai akibat yang muncul dari kenaikan harga BBM bersubsidi. "Meskipun kita perkirakan tidak terlalu besar dampaknya bagi rakyat miskin. Namun berapapun kecilnya dampak bisa mengakibatkan tertahannya penurunan angka kemiskinan," katanya.

Untuk itu, kata dia, pemerintah akan memberikan kompensasi bagi rakyat dalam bentuk bantuan langsung tunai bersyarat. "Tidak dalam bentuk bantuan langsung tunai atau BLT, melainkan BLT bersyarat," katanya.

Agung menyebutkan, BLT bersyarat tersebut antara lain program percepatan dan perluasan perlindungan sosial yang bertumpu pada program yang sudah ada selama ini. "Program tersebut di antaranya beras untuk masyarakat miskin atau raskin, program keluarga harapan (PKH) dan bantuan siswa miskin," katanya.

Dia mengatakan, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan. "Kebijakan ini untuk rakyat sangat miskin, miskin maupun yang rentan miskin. Pemerintah fokus agar tidak terjadi yang rentan menjadi miskin dan yang miskin menjadi sangat miskin," katanya.[ant]










BERITA LAINNYA :