Nusantara

Gempa Susulan di Aceh akan Reda Usai 2-3 Pekan, Pasca Gempa Besar

Editor : Ferro Maulana |Selasa , 09 Juli 2013 - 17:25:59 WIB | Dibaca : 405 Kali |

Dampak Kerusakan Akibat Gempa di Aceh | Ist

@IRNewscom I Jakarta: BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat telah terjadi 88 kali Gempa susulan hingga Senin (08/07) kemarin, dari awal terjadinya Gempa di Provinsi Nangro Aceh Darussalam (NAD) pada Selasa (02/07) lalu.

Ketua BMKG, Sri Woro B Haridjono mengatakan, bahwa dari hasil observasi lapangan oleh tim BMKG, dampak getaran terbesar terjadi di Aceh Tengah dan Bener Meriah dengan intensitas VIII MMI.

Itu berarti, Gempa dengan intesitas VIII MMI menimbulkan kerusakan ringan pada bangunan dengan konstruksi kuat. Retak-retak pada bangunan dengan konstruksi yang kurang baik, dinding dapat lepas dari rangka rumah, cerobong asap pabrik dan monumen-monumen roboh, air menjadi keruh.

"Aktivitas Gempa susulan akan menuju aktifitas normal diperkirakan sekitar 2- 3 minggu setelah Gempa Bumi besar," terang Sri.

Peran BMKG sangat penting untuk mengedukasi warga terutama memberikan informasi kepada korban Gempa secara dini. Pasalnya, warga hanya mengetahui gempa masih berlangsung, jika terasa guncangannya.

"Warga ini resah. Karena yang mereka tahu kalau masih goyang berarti masih Gempa. Padahal, gempa yang dirasakan tidak sebesar dan berangsur hilang," kata Sri. [hil-12]



BERITA LAINNYA :