Nusantara

Pemekaran Kabupaten Numfor Masuk Prolegnas DPR RI

Editor : Irman Robiawan |Jumat , 19 Juli 2013 - 05:46:36 WIB | Dibaca : 405 Kali |

Foto : Ilustrasi.

@IRNewscom | Biak: ASPIRASI rencana pemekaran Kabupaten Numfor, Papua telah masuk agenda Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Komisi II DPR-RI untuk dapat dibahas pada 2013.

"Secara syarat administrasi dan kelayakan pulau Numfor sudah siap dimekarkan menjadi kabupaten definitif terlepas dari kabupaten Biak Numfor," kata Ketua Harian Panitia Pemekaran Numfor, Jesaya Urami Wamafma di Biak, Jumat (19/07).

Menurut Jesaya, setelah masuk prolegnas DPR-RI diharapkan pada tahun 2013 ini juga akan keluar Amanat Presiden untuk selanjutnya mendapat pengesahan Komisi II DPR.

"Masyarakat berharap pemekaran pulau Numfor ini sudah dapat disahkan menjadi kabupaten pada Agustus 2013," ujarnya.

Jesaya menyatakan, perjuangan aspirasi masyarakat pulau Numfor untuk pemekaran menjadi kabupaten baru telah digagas sejak tahun 2009 dengan membentuk kepanitiaan pemekaran Numfor.

"Secara potensi dan kelengkapan administrasi, aspirasi pemekaran Kabupaten Numfor lengkap, sehingga optimistis tahun ini Numfor bisa dimekarkan menjadi Kabupaten," kata Yesaya.

Terkait pendanaan untuk memperjuangkan pemekaran Numfor tersebut, Yesaya menjelaskan diperoleh dari masyarakat dan warga Numfor yang peduli dengan perjuangan pemekaran daerah, bantuan Bupati Biak Yusuf Melianus Maryen dan Pemkab Biak Numfor.

"Bantuan dana menjadi hal yang sangat penting agar pemekaran berjalan lancar," ujarnya.

Berdasarkan data pulau Numfor yang lokasinya sangat jauh dari pusat ibukota pemerintahan Kabupaten Biak Numfor, memiliki lima wilayah pemerintahan distrik diantaranya Distrik Numfor Timur, Numfor Barat, Poiru, Bruyadori dan Distrik Orkeri. [ant/fir]



BERITA LAINNYA :