Nusantara

Ramadan 1434 Hijriah

Baznas Bogor Sediakan Tempat Bayar Zakat di Pusat Perbelanjaan

Editor : Ferro Maulana |Rabu , 31 Juli 2013 - 21:02:26 WIB | Dibaca : 468 Kali |

Baznas | Ist/ Illustrasi

@IRNewscom I Bogor: BADAN Amil Zakat Nasional Kota Bogor melakukan sistem jemput bola dengan menyediakan tempat pembayaran zakat di pusat perbelanjaan atau mal di kota tersebut guna memudahkan masyarakat menyalurkan zakat.

"Ada tiga mal yang kami sediakan tempat pembayaran zakat yakni Botani Square, Giant Yasmin, dan Ekalokasari," kata Staf Sekretariat Baznas Kota Bogor Dudin Awaludin, Rabu (31/07), seperti dikutip dari ANTARA.

Dudin menjelaskan, penyediaan tempat pembayaran zakat di mal merupakan program Baznas Kota Bogor dalam menjemput bola pembayaran zakat dari masyarakat.

Tahun sebelumnya, lanjut Dudin, tempat pembayaran zakat di pusat perbelanjaan hampir tersedia di setiap mal di Kota Bogor. Namun berkaca dari pengalaman tahun sebelumnya, hanya tiga mal ini yang memiliki peminat cukup tinggi.

"Jadi kami tetap mendirikan tempat pembayaran zakat di tiga mal ini, karena di tiga mal ini penerimaan zakatnya lebih tinggi," kata Dudin.

Dudin menyebutkan, pembayaran zakat fitrah khususnya di Baznas Kota Bogor pada bulan Ramadhan tahun ini sudah berlangsung sejak awal puasa. Tercatat mulai dari 1 Juli hingga 31 ini total penerimaan zakat dan infak di Baznas Kota Bogor sebesar Rp234.502.994 yang terdiri dari Rp186.290.660 penerimaan zakat dan Rp48.212.284 penerimaan infak.

Zakat dan infak tersebut, lanjut Dudin, dikumpulkan dari mustahik yang melakukan pembayaran di Baznas Kota Bogor. Mustahik tersebut berasal dari kalangan masyarakat umum dan dinas instansi pemerintah.

Dijelaskannya, Baznas Kota Bogor juga menerima penyaluran zakat dari mustahik yang berasal dari kalangan kedinasan dan juga perusahaan.

"Untuk perusahaan kami belum menerimanya hingga saat ini. Ada keterlambatannya, biasanya sudah membayar sebelum H-7," kata Dudin.

Zakat perusahaan tersebut berasal dari PDAM Tirta Pakuan senilai Rp500 juta, dari Dinas Pendidikan, Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya, dan perusahaan daerah lainnya milik Pemerintah Kota Bogor.

Menurut Dudin, peningkatan jumlah pembayaran zakat akan meningkat biasanya pada H-3 lebaran. Banyak masyarakat yang melakukan pembayaran pada hari menjelang lebaran tiba.

Dudin menambahkan, Baznas Kota Bogor juga melakukan pembinaan kepada 150 Unit Pelaksana Zakat (UPZ) yang tersebar di seluruh wilayah Kota Bogor yang juga bisa menerima dan menyalurkan zakat dari masyarakat setempat.

"Untuk penyaluran zakat yang dibayarkan di Baznas Kota Bogor akan disalurkan pada H-1 Lebaran hingga malam takbiran, sebelum Shalat Idul Fitri sudah selesai penyaluran," katanya. [Ant-12]



BERITA LAINNYA :