Nusantara

Hasil Pilkada Kerinci Akan Digugat ke MK

Editor : Irman Robiawan |Selasa , 17 September 2013 - 23:08:19 WIB | Dibaca : 713 Kali |

Foto

@IRNewscom | Jambi: TIGA pasangan calon bupati dan wakil bupati Kerinci, Jambi, menyatakan akan melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi atas hasil pemilihan kepala daerah Kerinci yang dimenangi pasangan Murasman-Zubir Dahlan.

KPU Provinsi Jambi dalam sidang pleno rekapitulasi suara telah menetapkan pasangan Murasman-Zubir sebagai pemenang terpilih dalam Pilkada Kerinci yang digelar pada Minggu (08/09).

Zainal calon wakil bupati yang berpasangan dengan Adirozal ketika dikonfirmasi, Selasa, mengakui pihaknya akan segera melayangkan surat gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil Pilkada Kerinci.

"Benar, kita akan bawa ke MK, dalam dua hari ini gugatan sudah masuk ke MK, sekarang kita masih menyusun materi gugatannya," katanya.

Ia mengaku materi gugatan yang disampaikan ke MK antara lain soal pelanggaran secara umum yang diduga dilakukan oleh pasangan terpilih, seperti politik uang, intimidasi PNS, menggunakan fasilitas negara serta pelanggaran lainnya.

"Keterlibatan PNS dan intevensi juga menjadi prioritas gugatan kita," kata Zainal.

Ia mengaku optimistis akan memenangkan sengketa Pilkada Kerinci ini di MK, karena mempunyai bukti dan saksi.

Tiga kandidat tersebut yakni pasangan nomor urut 2 Adirozal-Zainal, Nomor urut 4 Sukman-Sartoni dan pasangan nomor urut 5 Rahman-Nopantri.

Gugatan ke MK juga akan diajukan oleh pasangan nomor urut 4 Sukman-Sartoni dan pasangan nomor urut 5 Rahman-Nopantri.

Sartoni ketika dikonfirmasi mengatakan, gugatan yang diajukan pihaknya akan diregistrasi ke MK pada hari ini Selasa (17/9).

"Materi gugatan kita jelas, masyarakat juga sudah atau apa kecurangan yang terjadi selama Pilkada, mungkin hari ini gugatan sudah masuk ke MK," katanya.

Ketua tim sukses Rahman-Nopantri, Andri Zaspa juga mengaku akan melayangkan gugatan ke MK, gugatan merupakan satu paket dengan gugatan pasangan nomor urut 2 dan 4.

Sementara itu, dua kandidat bupati dan wakil bupati Kerinci lainnya, yakni pasangan nomor urut 1 Dasra-Mardin dan nomor urut 6 Irmanto-Idrus menyatakan menerima keputusan KPU Provinsi Jambi yang menetapkan Muraman-Zubir sebagai bupati dan wakil bupati terpilih.

"Kita legowo dan menerima hasil pleno KPU," katanya singkat.

Sedangkan pasangan terpilih Murasman-Zubir mengaku tidak khawatir dengan adanya gugatan ke MK tersebut.

"Kita tidak melakukan pelanggaran seperti materi gugatan. Kami punya bukti dan saksi. Masalah MK itu sudah ada lembaga yang akan mengurus, Panwaslu dan KPU," ujarnya. [ant/fir]



BERITA LAINNYA :