Nusantara

Bawaslu Sumbar Cari 54 Orang Pengawas Pemilu Profesional

Editor : Irman Robiawan |Jumat , 05 Oktober 2012 - 18:09:14 WIB | Dibaca : 1991 Kali |

Ketua Timsel Pembentukan Panwaslu se Sumbar, Khairul Fahmi sedang mencocokan jadwal rekruitmen Panwaslu, Jumat (5/10) di Sekretariat Timsel Gedung SSBV Khatib Sulaiman. | Foto; adr/IRNews

@IRNewscom | Padang: KETUA Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumbar, Elly Yanti memastikan jajaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di seluruh kota dan kabupaten Sumbar terbentuk akhir November ini.

"Tim Seleksi (Timsel) pembentukan Panwalsu sudah mulai bekerja, mereka akan mencari 108 Calon Panwaslu di 18 kabupaten dan kota di Sumbar. Lalu kami melakukan uji kelayakan untuk mendapatkan 54 orang pengawas pemilu yang berkualitas," sebut Elly Yanti di kantor sementara Bawaslu Sumbar Gedung SSBV jalan Khatib Sulaiman, Padang, Jumat (05/10)

Menurutnya, pembentukan Timsel dalam rangka mempersiapkan infrastruktur kepengawasan Pemilu di Sumbar dengan memilih para calon dan figur yang tidak diragukan lagi kredibilitasnya.

"Para calon ada yang berasal dari kalangan akademisi Universitas Andalas dan UNP, Khairul Fahmi sebegai ketua, dan Eka Vidya anggota, lalu dua advokat, Yuliwan Rajo Ameh (sekretaris), Hanky Mustaf Sabarta (anggota), dan Fitri Yanti tokoh perempuan," sebut Elly.

Dari jadwal dirancang Timsel, Elly optimis Panwaslu di 18 kabupaten dan kota di Sumbar terbentuk tepat waktu. "Proses penyeleksian Bawaslu olehy Timsel sampai 9 November, Timsel sudah memutuskan enam calon Panwaslu di setiap Panwaslu kota dan kabupaten, selanjutnya Bawaslu Sumbar akan uji kelayakan untuk mendapatkan tiga nama yang selanjutnya dikirim ke Bawaslu untuk di SK-kan," sebut Elly.

Anggota Bawaslu Sumbar Armadepa menambahkan, ada satu kota yang tidak dibentuk Panwaslu, yaitu Sawahlunto. "Sawahlunto tidak dibentuk lagi, karena saat ini sudah ada Panwaslu Pilkada, berdasarkan keputusan Bawaslu Panwas Pilkada kota itu difungsikan menjadi Panwaslu Pileg dan Pilpres," ujarnya.

Sementara, Ketua Timsel, Khairul Fahmi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tahapan seleksi calon Panwaslu. "Mulai penjaringan dan penyaringan, pengumuman pendaftaran Senin 8 Oktober dan dibuka 13 Oktober sampai 20 Oktober,"ujarnya.

Rencananya Timsel akan mengundang para calon yang memenuhi syarat dan berkualitas untuk mendaftar. "Pendaftaran bisa langsung ke kantor sekretariat di jalan Khatib Sulaiman atau via pos dengan alamat yang sama," ujar Fahmi.

Selanjutnya kata Fahmi, Timsel melakukan seleksi adminsitrasi. "Bagi yang dinyatakan lulus mengikuti tahap berikutnya yakni tes tertulis 31 Oktober di dua lokasi Bukittinggi dan Padang," sebutnya didampingi Yuliwan Rajo Ameh dan Hanky.

Fahmi berharap adanya partisipasi aktif masyarakat dalam mengawasi seleksi Panwaslu , terutama para tarck-record calon. "Sehingga calon terpilih betul-betul independen, kredibel dan profesional,"ujarnya. [adr-8]



BERITA LAINNYA :