Nusantara

Pessel, Tempat Mancing Nan Eksotik di Padang

Editor : Risnawati Avin |Senin , 22 Oktober 2012 - 09:57:07 WIB | Dibaca : 1342 Kali |

ilustrasi mancing di laut

@IRNewscom I Padang: KABUPATEN Pesisir Selatan (Pessel) punya potensi bahari yang luar biasa. Berada di sepanjang pesisir Pantai Barat arah Selatan Kota Padang, hamparan pantai dan keping-keping pulau nan eksostik sangat memanjakan para penggila bahari tanah air maupun manca negara.

Kini Pessel pun mulai menggairahkan wisata mancing, lewat  Pessel Fishing Tournament (PFT) 2012 yang diretas pemerintah setempat semakin mematri Pessel sebagai  kabupaten bahari di Sumbar.

"PFT menjadi handicaps semakin mengangkat potensi pariwisata bahari di kabupaten ini,"  ujar Bupati Pessel Nasrul Abit saat hadir di acara hari terkahir lomba mancing tersebut, Minggu(21/10).

PFT kata Nasrul sangat tepat menjadi media promosi wisata bahari di kabupaten ini. "PFT adalah perlombaan tingkat nasional, puluhan pemancing pun siap unjuk kebolehan di sejumlah spot pancing di perairan laut Pessel," jelasnya.

Di acara yang digelar sejak Jumat lalu itu ada beberapa kategori lomba, antara lain Profesional, Tradisional, Long-tail, dan Pesisir Pantai. "Penilaian berpatok kepada berat ikan pada masing-masing class, dengan total hadiah Rp155 Juta,"ujar seorang juri PFT.

Menurut Nasrul, Kabupaten Pessel memiliki 57 pulau yang menyimpan potensi wisata. Beberapa pulau pun  sudah berkembang sebagai destinasi wisata. "Ada Pulau Cubadak, Pulau Karabak, Pulau Pulau Babi, dan Pulau Cingkuak. Pulau-pulau tersebut juga memiliki view bawah laut, seperti terumbu karang yang siap memukau para pecinta diving," imbuh dia. [Adr-5]



BERITA LAINNYA :