Selebriti

Ini Syair Puisi Iwan Fals tentang Alam yang Kritik Manusia

Editor : Ferro Maulana |Selasa , 26 Maret 2013 - 22:50:28 WIB | Dibaca : 1961 Kali |

Iwan Fals | Ist

@IRNewscom I Jakarta: DIKENAL sebagai musisi legendaris yang dimiliki Indonesia, Iwan Fals memang sering melontarkan kritik kepada siapapun yang dilihatnya salah. Tidak terkecuali Pemerintah di era Orde Baru (Orba) saat itu. Iwan meraih kepopuleran dengan lagu-lagu simple yang bernafaskan sebuah kritikan.

"Ya semua kritik kalau hanya terucap pasti akan hilang, tapi kalau tertulis maka akan selalu dikenang. Saya memilih untuk meluapkan kritikan dalam sebuah nyanyian beriring musik," ujar Iwan Fals kepada IRNews ditemui di Rolling Stone Cafe, Jakarta Selatan, Selasa (26/03).

Namun meski kritikan, Iwan Fals menolak jika semua lagu dikaitkan dengan kritikan kepada Pemerintah. Menurutnya, yang terpenting adalah alam jadi jangan dirusak karena mereka (alam) bisa juga mengkritik layaknya manusia mengkritik manusia yang lainnya.

"Gimana gak pentingnya makanan apa itu bukan kritik yang keras. Gimana gak pentingnya pepohonan apa itu bukan kritik yang keras. Gimana gak pentingnya, pendidikan, apa itu bukan kritik yang keras. gimana gak pentingnya, soal sampah, pengertian kritik itu bukan hanya soal Pemerintah, gak begitu," katanya dengan mengibaratkan syair puisi tentang alam.

Baginya, kritik itu bukanlah ingin menjadi benar sendiri, melainkan sama-sama berpikir untuk kebaikan dan kemajuan bersama.

"Tanggung jawab diri sendiri dulu baru kelainnya, sama-sama berpikir apa yang salah dan apa yang mesti dibenahi," pungkasnya. [Sai-12]



BERITA LAINNYA :