Kesehatan

Rakerkesnas 2013 Amanatkan Kejar Target MDG's 2015

Editor : |Selasa , 19 Maret 2013 - 17:10:34 WIB | Dibaca : 906 Kali |

Foto: Ist

@IRNewscom I Jakarta: RAPAT Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2013 mengamanatkan sejumlah agenda. Antara lain, soal pencapaian MDG's 2015, pencapaian pembangunan kesehatan, persiapan menghadapi Jamkesnas 2014, reformasi birokrasi, dan peran daerah dalam pembangunan kesehatan.

''Pemerintah Pusat mendukung penuh pelaksanaan pembangunan kesehatan di daerah, untuk pencapaian target MDG's,'' kata Menkes Nafsiah Mboi saat membuka Rakerkesnas di Bidakara, Jakarta, Selasa (19/03).

Pada 2013, kata Nafsiah, 83 persen dari total anggaran Kemenkes ditujukan untuk daerah, melalui dana dekonsentrasi, tugas pembantuan, dan anggaran Unit Pelaksana Teknis (UPT). Rakerkesnas itu juga sekaligus sebagai media sharing.

Sebab, di sejumlah daerah, sudah ada target-target MDG's tentang penanganan HIV/ AIDS, dan penurunan angka kematian ibu melahirkan dana anak yang tercapai. ''Tapi masih ada sekitar 75 kabupaten/ kota yang justru prevalensi HIV/ AIDS-nya masih cukup tinggi. Kita akan fokus menangani daerah-daerah tersebut,'' papar Nafsiah.

Maka itu, fokus ke depan, pihaknya akan melakukan penanganan yang komprehensif di 75 daerah itu. Khususnya, soal moral, agama, NAPZA, reproduksi, pencegahan, dan diagnosa dini HIV/ AIDS. [mar-14]



BERITA LAINNYA :